Thursday 9 June 2016

KEGIATAN MAINSTREAM KETIKA RAMADHAN

KEGIATAN MAINSTREAM KETIKA RAMADHAN

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah. Seluruh Umat muslim di dunia menyambut bulan yang penuh rahmat ini. begitu juga umat muslim yang ada di negara tercinta kita ini. menahan segala hawa nafsu, lapar dan haus dari terbitnya fajar sampai tenggelam matahari. banyak kegiatan yang dilakukan umat muslim dari kegiatan yang positif dalam arti ibadah mendapat pahala sampai yang bisa mengurangi pahala . berikut kegiatan mainstream yang dilakukan umat islam di bulan ramadhan:


1. BUKA DAN SAHUR BERSAMA












nah kegiatan yang satu ini adalah kegiatan yang biasa di lakukan umat muslim "buka puasa dan sahur bersama". di sini akan terasa rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang erat, apalagi jika keluarga besar kumpul pasti sangat menyenangkan..

kegiatan buka bersama juga mainstream dilakukan di luar keluarga misalnya saja buka bersama teman-teman sekolah dulu. yah itung-itung reuni dehhh..::::
bisa juga di lakukan bersama doi atau pacar,, berdua di tempat yang romantis ..padahal puasa masih aja cari kesempatan buat berdua ..hihi

2. TARAWEH












Salat Tarawih (kadang-kadang disebut Teraweh atau Taraweh) adalah salat sunnat yang dilakukan khusus hanya pada bulan ramadan. Tarawih dalam bahasa Arab adalah bentuk jama’ dari تَرْوِيْحَةٌ yang diartikan sebagai "waktu sesaat untuk istirahat". Waktu pelaksanaan salat sunnat ini adalah selepas isya', biasanya dilakukan secara berjamaah di masjid. Fakta menarik tentang salat ini ialah bahwa rasulullah S.A.W hanya pernah melakukannya secara berjama'ah dalam 3 kali kesempatan. Disebutkan bahwa rasulullah S.A.W kemudian tidak melanjutkan pada malam-malam berikutnya karena takut hal itu akan menjadi diwajibkan kepada ummat muslim (lihat sub seksi hadits tentang Tarawih).

nah kl shalat tarwih ini biasanya jumlah rakaat berbeda-beda. pengalaman penulis sih cari mesjid yang rakaat tarawih nya cuma 13 rakaat saja :D

3. TADARUS













nah kegiatan yang 1 ini mungkin tidak asing kita dengar ketika bulan ramadhan. tadarus biasa di lakukan umat muslim ketika bulan ramdhan, membaca ayat alquran secara bergantian ,,


4. NGABUBURIT
















NGABUBURIT, mungkin istilah yang sudah biasa kita dengar ketika bulan ramdhan tiba. kegiatan ini adalah kegiatan yang dilakukan ketika menunggu waktu berbuka puasa. yah kl versi anak mudanya sih biasanya kumpul-kumpul, atau keliling kota, naik motor, atau duduk di tempat tongkrongan yang biasa di jadikan tempat ngabuburit.


5.MAIN PETASAN














main petasan adalah salah satu kegiatan yang sering ada ketika bulan ramadhan. walau kegiatan ini merupakan kegiatan yang tidak baik karena banyak di salah gunakan . walaupun pemerintah sudah melarang bermain petasan tapi tetap saja bunyi petasan berdentang ketika ramadhan. apalagi ketika shalat tarawih, mulai deh anak-anak baru gede  main petasan sehingga mengganggu konsentrasi umat islam yg sedang ibadah.



          demikian kegiatan mainstream yang dilakukan ketika bulan suci ramadhan. semoga di ambil kegiatan posiitif aja yng bisa nambah pahala :)::::::::::::

No comments:

Post a Comment