Thursday 9 June 2016

SEPUTAR TES PT KAI

SEPUTAR INFO TES PT KAI




INFOSAKTI.COM.  sobat pembaca, kali ini penulis akan sharing mengenai tes yang di lakukan ketika sobat pembaca akan mengikuti seleksi di PT KAI. Penulis akan sharing mengenai tes tes apa aja yang di berikan oleh penguji/petugas rekruitment PT KAI. Kebetulan Penulis pernah ikut tes rekruitment SMA bagian Operasional

1. TAHAP 1 : seleksi berkas
           di tahap ini berkas yang anda unduh di portal PT KAI akan di seleksi. saran penulis berkas yang ada upload harus sesuai apa yang diminta oleh PT KAI agar anda tetap lolos tes selanjutnya.jika yang diminta foto kopi ijazah yang di leges, pastikan anda mengunduh fotokopi ijzah yg terleges, dan kl bisa leges yang terbaru/ tgl leges terbaru. pada tahap ini biasanya akan di lihat nilai ijazah anda apakah memenuhi kriteria syarat atau tidak. pada tahap ini banyak yang tidak di loloskan.

2. TAHAP 2 : Kesehatan 1
             pada tahap kesehatan 1 ini, tidak perlu adanya persiapan khusus. yang di seleksi tinggi dan berat badan anda dan tes buta warna. tinggi dan berat badan harus ideal. cara lihatnya begini
tinggi badan -100 itulah berat ideal anda. contoh jika tinggin badan anda 170 maka berat badan yang di tolerir adalah maksimal 170-100=70 kg . masih di anggap iideal. jika lebih maka anda langsung di diskualifikasi, kl urusan buta warna tidak ada masalah jika selama kita tidak buta warna dan badan ideal pasti bisa lolos.

3. TAHAP 3: Psikotes
             nah tahap ini biasanya adalah tahap yang paling sulit. saran penulis siapkan waktu buat belajar sebelum menghadapi tes ini
pengalaman penulis ketika tes KAI bagian Operational:
 a. Sinonim dan Antonim
      perbanyak baca antonim dan sinonim jika mw nilai tinggi di tes ini
  b. Cek kesamaan kata
       di sini kita di tuntut ketelitian untuk melihat kata yang di kanan dan kiri , apakah sama atau berbeda
c. Gambar Balok
     disini anda di minta untuk menerka bentuk balok jika di putar ke kanan , kekiri maupun ke bawah. gambar yang di berikan bukan hanya balok saja melain kan bangun ruang lainnya yng beraturan maupun yang tidak beraturan bentuknya
 d. Tes berhitung
      soal berhitung ini sebenarnya mudah . hanya di berikan soal tambah kurang kali dan bagi. hanya saja kita di tuntut cepat untuk menjawabnya.
e. tes warteg
      










  tes ini anda akan di berikan gambar seperti di samping. anda di suruh melengkapi gambar setiap kotak. setelah menggambar anda akan di beri arahan agar menulis urutan nomor kotak dari awal anda gambar sampai akhir. saran penulis jangan menulis terlalu urut dari atas ke bawah jika anda tdk mau di anggap org yg monoton. anda juga di suruh agar memberi kan tanda gambar mana yg anda senangi, yg paling tdk di sukai, paling mudah dan paling sulit.
contoh gambar wartegg yg sudah selesai











f. tes gambar pohon dan orang
 pada tes ini anda akan di minta agar menggambar pohon dan orang. setelah menggambar pohon dan orang, anda di minta agar menulis nama pohon dan keterangan gambar org tersebut.

g. hitung koran











pada tahap ini anda akan di beri arahan agar menghitung jumlah setiap baris angka-angka tersebut. saran penulis ini merupakan tes yang paling menyita ketelitian dan daya tahan.pastikan kondisi badan dan pikiran rileks.  bayangkan tes ini mudah dan tenang, pasti anda akan bisa melewati dengan mudah. tapi jika anda tertekan maka anda akan gagal.
4. TAHAP 4: Wawancara
 pengalaman penulis ketika melamar PT KAI , wawancara di sini santai, hanya saja kondisi anda prima, menjawab pertanyaan mereka dengan sigap, kepercayaan diri anda kuat. anda pasti lulus. pertanyaannya hanya seputar kepribadian anda saja kok. paling sedikit tentang KAI yang kamu tahu.
5. TAHAP 5: Kesehatan 2
tahap ini merupakan tahap akhir. kesehatan yang di uji adalah:
a. Darah
b. tinggi dan berat badan
c. mata
d. gigi
e. Ronsen paru-paru
f.Parises , perikokel
saran penulis, ceck up dlu sebelum menjalani tes ini. bersihkan karang gigi di prakter dokter gigi karena itu merupakan sebuah penilain. jika anda melamar bagian operasional pastikan anda tidak rabun/min karena bagian operasional mata adalah penilaian yang paling menentukan.

sekian sharing info mengenai tes PT KAI semoga bermanfaat bagi pembaca semua sekalian. :):::::::::::::::





No comments:

Post a Comment